Wednesday, March 28, 2007

Sssssstttttttt....... Ssssssstttttttt......

mumpung lagi sempat mau nulis lagi ah...
boLeH kaaNN..???

Mau cerita waktu nyepi kemariN..

Tadinya siy mau pulang ke JakaRta waktu liburan nyepi tapi ternyata dah banyak teman2 kantor yang pada ngambil cuti,,jadinya gak jadi pulang deh..

Balik lagi ke cerita soal nyepi..
Sebelum melaksanakan inti acara nyepi yang sebenarnya....
Masyarakat bali punya beberapa acara buat nyambut nyepi..
Ada yang namanya Melasti..
Waktu Hari Jumat,,ecHi ke Denpasar bareng teman,,naik motor..
_Perjalanan dari Karangasem ke Denpasar kalo naik motor dgn kecepatan biasa tuh kira2 butuh waktu 1 setengah jam-an.. Tapi kalo naik motornya ala ValentiNo Rossi atau Komeng yang di iklan Yamaha,, bisa 1 jam kurang... :) _
dan begitu kami nyampe di Lampu merah saNur,,sempat lihat orang2 yang lagi pada Melasti..
Melasti tuh,,mereka jalan kaki dari banjar mereka sampe ke Pantai.. Mereka bawa Sesajen dan yang Luar biasa,,yang bawa sesajennya tuh para wanita.. Sesajennya tinggi dan berat coz isinya tuh buah2an,,makanan,,bunga.. Para Wanita bawa sesajen itu di kepala mereka.. Hebat gak tuh Cewek..???!!! Hehehe..
Nyampe di Pantai,,mereka berdoa dan naruh sesajennya.. Trus mandi deh di Pantai..
Tapi sayangnya echi blom sempat lihat dan mengabadikan prosesi Melasti waktu di Pantai.. Mudah2an siy masih bisa lihat.. ( tapi bukan berarti mau lihat orang mandi di Pantai loh... hehehe... :} )
Sepanjang mereka jalan kaki,,mereka mainin alat musik khas Bali.. Jadi rame banget.. Dan mereka bisa berjalan tanpa khawatir tertabrak coz ada polisi adat yang disebut PECALANG dan polisi lalu lintas yang mengamankan jalan.. Jadi para pengguna kendaraan harus ngalah dan berhenti... Walaw bukan lampu merah..
Selain Melasti,,1 malam sebelum nyepi,,ada acara yang namanya Ogoh-Ogoh...
Ogoh-Ogoh tuh boneka Raksasa yang bentuknya nyeremin..
Rangkanya dari kawat dan ditutupin koran.. Trus di warnai sesuai kresi mereka.. Bentuknya nyeremin,,ada mumi,,Buto Ijo bahkan tahun kemarin2 ada yang bentuknya G.W Bush sama Amrozi...!!!
Tiap banjar bikin ogoh2 dan ogoh2nya bakaln diarak malam hari..
Pemuda2 banjar rame2 ngangkat ogoh2nya.. Pemuda-pemudi nya berjalan didepan ogoh2 sambil menyemburkan api pake air.. Kayak debus gitu deh.. Di belakang masyarakat ngikutin.. sambila mainin alat musik.. Semua warga masyarakat kumpul di alun2 kota... Di situ ogoh2 diarak dan di mainkan..
Ruamue buanguet..!!! sampe2 kalo ngomong mesti teriak2...
Selesai acara,,ogoh2nya di bawa lagi ke Banjar dan di bakar.. Ada mitos menurut kepercayaan mereka,,kalo gak di bakar mereka bakalan di ikutin sama Ogoh2nya itu.. Coz Ogoh2nya itu disembahyangi oleh mereka..
Di beberapa daerah banyak lagi acara buat nyambut Hari raya Nyepi,,ada MedMedan.. Acara muda mudi yang cium2an gitu deh..
Ada perang bola Api.. Pemuda2 banjar saling lempar2an bola api.. Kalo nonton ini mesti hati2 coz gak sedikit penonton yang kena bola apinya..
Setelah semalaman bersuka ria dengan acara Ogoh2 dan sebagainya..
Mulai lah besok pagi nyepi yang sebenar2nya nyepi...
Pagi jam 6 gong di banjar dipukul.. Dan itu pertanda Nyepi di mulai..
Selama nyepi gak boleh nyalain lampu,, gak boleh nyalain alat elektronik,, gak boleh melakukan kegiatan duniawi ( buat yang merayakan ),, gak boleh keluar rumah,, gak boleh berisik.. kalo ngelanggar tar bisa ditangkep sama pecalang trus bisa2 dibawa ke kantor polisi.. ini Benar loh gak bohong,,gak nakut2in..
dari pagi dah berasa sepiiiiiiiiiiii bangeeeeeeet.. Bahkan saking sepi dan saking takunya sama Pecalang,,Echi sama Mbak Rani gak berani nyanyi2 dikamar mandi... Hehehe.. Gayung jatuh aja takut kedengeran sama Pecalang.. :)
Yang kedengeran sepanjang hari tuh cuma suara anjing,, suara babi,, suara angin,, suara anak tetangga yang bosen di dalam rumah ( kayak echi sama Mbak Ran..),, suara angin...
Untungnya masih bisa sms ato telp2nan..kalo gak Wah bisa tambah manyun kebosenan plus kesepian..
Untungnya eChi sama Mbak Rani cewek2 yang gak mudah menyerah,, kami ngejahitin baju2 yang harus di jahit.. Nyetrika,, olahraga,, nulis,, baca,, ngobrol en tidur deh... hehehe...
Siang hari gak terlalu berasa.. malam hari baru berasa banget.. Gelap.. Sepi.. horor banget.. Mana rumah ecHi depannnya kandang babi sama kuburan... Ngintip lewat jendela,, jalanan benar2 gelap.. Akhirnya abis makan malam trus shalat isya.. Gak berani tidur sendirian akhirnya echi sama Mbak rani mutusin buat tidur berdua...
Abis ngobrol entah berantah akhirnya pada ketiduran deh..
Paginya jam 6 gong dibunyiin lagi..
HWA seneng banget akhirnya kehidupan kembali normal...
Alhamdulillah.... :)
Pengalaman yang gak akan bisa dilupain.. Beruntunglah penempatan pertama di Bali... Bisa ngerasain yang gak semua orang bisa rasakan..
Walaw jauh dari orang2 yang disayangin.. Tapi bisa di obatin dengan pengalaman yang bikin hidup lebih hidup..
Right...???
:)